1.
Penyimpanan Data
ü Komputer
bertindak sebagai penyimpan data.
ü Komputer
melakukan penyimpanan data dengan memindahkan data dari lingkungan luar ke
media penyimpanan pada komputer (baca) dan sebaliknya (tulis).
2.
Pengolahan Data (Storage ßà I/O)
ü Komputer
melakukan pengolahan data serta perpindahan data.
ü Data dari
media penyimpanan diolah kemudian dipindahkan ke perangkat output.
ü Data dari
perangkat input diolah kemudian dipindahkan ke media penyimpanan
3.
Komponen Utama Sistem Komputer
1. CPU (Central Processing Unit) :
merupakan sebuah mikroprosesor
yang berfungsi sebagai “otak” dari sistem komputer. Semua kegiatan dan proses
yang dilakukan komputer dikendalikan oleh CPU.
2. Memori : merupakan media
penyimpan data elektronik. Memori langsung berhubungan dengan mikroprosesor.
3. Motherboard : merupakan circuit
board utama di mana semua komponen internal saling terhubung. Komponen atau sistem yang lain
seringkali juga langsung terintegrasi di dalamnya (onboard) atau terkoneksi melalui interfacenya.
4. Power Supply : sumber daya untuk
mencatu seluruh sub-sistem komputer.
5. Hard Disk : media magnetik
penyimpan data permanen berkapasitas besar, baik untuk program atau data yang
lain.
6. Sistem Operasi : software dasar
yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer. Tanpa sistem
operasi, pengguna mustahil bisa “menggunakan” komputer.
7. IDE (Integrated Device Electronics) Controller :
merupakan interface untuk pengendalian hard drive, CD-ROM drive, dan
floppy disk drive.
8. Bus PCI (Peripheral Component Interconnect) :
slot di motherboard yang digunakan untuk menghubungkan komponen
tambahan ke komputer. Bus adalah jalur data yang ada di dalam motherboard.
9. SCSI (Small/Simple Computer System Interface) :
interface untuk menambahkan peranti dari luar, seperti scanner, harddisk drive, CDROM
drive, dlsb. ke dalam komputer. Tidak semua peranti luar memiliki fasilitas
SCSI.
10. Kartu Grafik (Graphics Card)
: kartu yang bekerja menerjemahkan data citra dari komputer ke sebuah format
tertentu sehingga bisa di tayangkan di layar monitor.
11. AGP (Accelerated Graphics Port) :
interface berkecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk menghubungkan kartu
grafik dengan komputer. Berfungsi untuk meningkatkan kualitas tayangan grafis,
misalnya untuk tayangan 3D.
12. Kartu Suara (Sound Card) : kartu yang berfungsi
untuk merekam atau memainkan rekaman audio, dan membunyikan informasi audio.
Kartu ini bekerja atas dasar pengubahan data digital ke analog atau sebaliknya
(D/A atau A/D Converter).
4.
C P U (Central Processing Unit)
Merupakan otak dari komputer yang :
Merupakan otak dari komputer yang :
·
Mengkoordinasikan seluruh operasi komputasi.
·
Melakukan operasi aritmatik
·
Melakukan operasi logika
·
Mengendalikan kerja seluruh sistem
5.
Cara Kerja Mikroprosesor
Mikroprosesor bekerja dengan bahasa assembly.
Eksekusi instruksi dilakukan dengan bahasa ini. Walau sebenarnya pekerjaan
mikroprosesor jauh lebih rumit, tetapi pada dasarnya hanya ada 3
pekerjaan yang dilakukan :
1.
Menggunakan ALU, mikroprosesor dapat melakukan operasi aritmatik
(penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian).
2.
Mikroprosesor dapat memindahkan data dari lokasi memori ke
peranti lainnya.
3. Mikroprosesor dapat membuat
keputusan dan melompat ke set instruksi yang baru, berdasar pada keputusan itu.
§ MIPS (Millions of Instructions Per Second): salah satu parameter pengukur unjuk-kerja sebuah CPU. Ukurannya
adalah berapa instruksi manipulasi aritmatik
yang bisa dilakukan oleh CPU dalam 1 detiknya.
§ Date : tahun saat prosesor pertama kali diluncurkan. Banyak prosesor
diluncurkan kembali (re-introduced) dengan kecepatan clock yang lebih tinggi
pada tahun-tahun berikutnya. Contoh : 80486 diluncurkan lagi dengan kecepatan
clock 100 MHz (80486-100).
§ Microns : lebar kawat terkecil (dalam
mikron atau sepersejuta) yang
ada di dalam chip, yang digunakan untuk menghubungkan komponen-komponen penyusunnya.
§ Sebagai gambaran, selembar
rambut manusia memiliki ketebalan sekitar 100 mikron (= 0,1 mm).
§ Prosesor P-IV memiliki kawat terkecil 0.18 micron maka lebarnya ≈ selembar rambut dibagi 18.000
§ Clock Speed : laju maksimum clock yang dapat
diberikan pada chip. Semakin tinggi clock, semakin cepat proses yang bisa
ditangani CPU.
§ Data Width : lebar data dari ALU. Sebuah ALU 8-bit
dapat melakukan penjumlahan /pengurangan /perkalian dlsb dua buah angka 8-bit,
sementara ALU 32-bit dapat melakukan manipulasi angka 32-bit.
Dalam banyak hal, bus data eksternal adalah sama dengan lebar
dari ALU, walau kadang ada perkecualian. Chip 8088 mempunyai ALU
sebanyak 16-bit sementara bus-nya hanya 8-bit, sedangkan Pentium memiliki bus
data 64-bit dengan ALU 32-bit.
6.
Memory Elektronik
§
Hingga saat ini ada banyak jenis memori elektronik, yang
digunakan secara luas pada peralatan elektronik (telepon selular, televisi,
radio mobil, game pads, video recorder, PDA (personal data assistant), dlsb.
§
Memori pada peralatan elektronika pada umumnya berbeda dengan
memori untuk komputer.
7.
Memory Komputer
a) RAM
(Random-Access Memory) :
memori untuk menyimpan informasi yang bersifat temporer yang digunakan oleh
komputer pada suatu saat. Isi memori bisa dengan mudah ditulis dan dihapus.
b) ROM
(Read-Only Memory) :
memori untuk menyimpan informasi secara permanen dan tidak bisa diubah karena
hanya bisa dibaca saja. Namun demikian ada jenis ROM yang bisa ditulis dengan
cara khusus.
c) BIOS (Basic
Input-Output System) :
termasuk jenis ROM yang digunakan untuk menyimpan informasi yang dikhususkan
untuk membentuk komunikasi dasar saat komputer baru dinyalakan
(bootstrap/booting)
d) Cache : berupa RAM berkecepatan sangat tinggi
untuk penyimpanan data-data yang paling sering digunakan oleh mikroprosesor.
Memori ini langsung terhubung dengan CPU.
e) Virtual
Memory : berupa
sebuah ruang di hard disk yang digunakan untuk menyimpan data secara temporer.
Biasanya isinya segera dihapus jika proses telah selesai.
8.
R A M (Random Access
Memory)
·
RAM merupakan memori utama di dalam komputer.
·
Disebut random access ( akses sembarang ) karena kita bisa
mengakses sembarang alamat sel memori langsung ke alamat (kolom dan baris) sel
memori tersebut.
9.
S A M (Serial Access
Memory)
·
Lawan dari RAM : Serial Access Memory (SAM), menyimpan data dalam satu
deretan sel memori yang hanya dapat diakses secara berurutan (seperti pita
kaset).
·
SAM bekerja sangat baik sebagai memory buffer di mana data
secara normal disimpan dalam urutan yang sesuai dengan urutan pemakaiannya.
·
Contoh : tekstur buffer memory pada kartu video.
10.
Hirarki Pengaksesan
Memori
Setiap
kali sesuatu data dimuat atau dibuka, maka data tersebut ditempatkan di RAM. Berarti data
yang akan diakses oleh komputer diletakkan di area penyimpan temporer sehingga
CPU dapat mengakses informasi dengan lebih mudah dan cepat.
CPU
meminta data yang diperlukan dari RAM, memprosesnya, dan menuliskan data baru
kembali ke RAM dalam siklus kontinyu. Pada kebanyakan komputer, perpindahan
bolak-balik data dari CPU ke RAM dan sebaliknya terjadi jutaan kali per detik. Jika
aplikasi ditutup : semua file data dari aplikasi dihapus dari RAM.
Memori
termurah yang bisa dibuat saat ini adalah hard disk. Media ini juga digunakan
sebagai virtual memory, yang merupakan tingkat akhir dari hirarki memori CPU.
Hirarki
pada aras berikutnya adalah RAM dan Cache. Ukuran
bit dari sebuah CPU menginformasikan berapa banyak informasi byte yang dapat
diakses dari RAM pada satu waktu.
Contoh
: CPU 16-bit bisa memproses 2 bytes pada satu waktu (1 byte = 8 bit sehingga 16
bit = 2 bytes), dan sebuah CPU 64-bit dapat memproses 8 bytes pada satu waktu.
Sebuah CPU 32-bit dengan kecepatan clock 800 MHz dapat memproses 4 byte data
secara simultan, 800 juta per detik. Jika digunakan sistem pipeline maka
kapasitas meningkat.
11. BURST
Mode
Dalam
kenyataan, RAM tidak selalu bekerja pada kecepatan optimumnya. Latency bisa
mengubah penampilan secara drastis.
Latency
merujuk pada jumlah siklus clock yang diperlukan untuk membaca sebuah bit
informasi.
Contoh :
RAM yang memiliki laju 100 MHz mampu untuk mengirim sebuah bit dalam 0.00000001
sekon, tetapi ternyata memerlukan 0.00000005 sekon untuk memulai proses
pembacaan bit yang pertama. Inilah latency.
Untuk
mengkompensasi latency, digunakan teknik burst mode.
ü Burst
mode : data yang diinginkan oleh CPU akan disimpan dalam sequential memory
cell. Hanya bit pertama saja yang akan mengalami efek latency, yang berikutnya
tidak. Burst mode sering
kali
digunakan untuk membantu proses pipeline.
12.
Removable Storage
·
Floppy Disk :
perangkat penyimpan paling umum, sederhana, dan murah untuk menyimpan data.
·
CD-ROM (Compact Disk,
Read-Only Memory) : berupa cakram optik yang berfungsi sebagai media
penyimpan permanen dari bermacam software dan data. Ada juga jenis CD-R (recordable),
yakni cakram optik yang dapat direkam dan CD-RW (rewritable), yakni cakram
optik yang bisa dibaca dan dihapus/tulis ulang.
·
Flash Memory : berupa
memori dari jenis ROM yang dapat dihapus (disebut EEPROM, Electrically Erasable
Programmable Read-Only Memory). Flash memory dapat menyimpan data secara
permanen dan bekerja sangat cepat. Beberapa contoh flash memory : CompactFlash,
SmartMedia, dan kartu PCMCIA.
·
DVD-ROM (Digital
Versatile Disc, Read-Only Memory) : mirip dengan CD-ROM tetapi memiliki kapasitas
yang jauh lebih besar, bisa mencapai 8 kalinya.
·
Floppy disk drive
(FDD) merupakan peranti tambahan utama pada komputer generasi awal. Penemunya
Alan Shugart (IBM), 1967. Saat ditemukan ukurannya 8”, kemudian menyusut jadi
5.5” dan akhirnya menjadi 3.5”.
Pada
dasarnya, FDD membaca dan menulis data ke sebuah cakram plastik yang dilapisi
dengan bahan metal (seperti pada pita kaset audio).
13.
CD-ROM
CD-ROM termasuk ke dalam peranti penyimpan
optis. Sebuah cakram optis setebal 1.2 mm dapat menyimpan data hingga 783 MB.
Informasi/data dituliskan ke cakram dengan
cara membuat bendul-bendul pada permukaan cakram. CD Player membaca
bendul-bendul ini sebagai data dengan sinar laser presisi yang bertindak
seperti sebuah head pada sistem tape recorder.
Track CD dimulai dari pusat, ukuran track
sangat kecil (lebarnya + 0.5 mikron). Lebar bendul + 0.5 mikron, panjangnya
minimum 0.83 mikron, dan tinggi bendul 125 nanometer. CD-ROM berkembang menjadi CD-recordable
(CD-R) CD-rewritable (CD-RW).
14.
Membakar CD
CD-RW bekerja atas dasar perubahan fasa.
Cakramnya memiliki paduan bahan kristal khusus (terdiri dari antimony, indium,
perak dan tellurium) yang memiliki sifat khas : jika dipanaskan ke suatu suhu
maka kristal akan sangat reflektif, sedangkan bila dipanaskan ke suhu lain yang
lebih tinggi akan menjadi buram.
15. Setting
Laser CD
CD-RW drives memiliki 3 seting sinar laser :
ü Read -
Seting normal (sama dengan CD-ROM)
ü Erase -
Laser diset ke suhu tertentu untuk mengubah kristal bahan
ü Write -
Laser diset ke suhu tertentu untuk mendekristalisasi bahan
16. Jenis
– jenis Port
Ada 4 jenis port yang digunakan pada komputer standar :
a.
Parallel Port : umumnya digunakan untuk menghubungkan
printer ke komputer, atau peranti lain yang bekerja dengan format data
parallel.
b.
Serial Port : umumnya digunakan untuk menghubungkan
komputer dengan peranti modem eksternal, atau peranti lain yang bekerja dengan
format data serial.
c.
USB (Universal Serial Bus) :
jenis pintu terbaru untuk menghubungkan komputer dengan peranti
eksternal. Datanya berformat serial. Port ini sangat praktis dan berkecepatan
tinggi, sehingga kini banyak peranti eksternal yang dilengkapi dengan pintu
jenis ini.
d.
Firewire (IEEE 1394) : digunakan untuk menghubungkan perangkat
video digital (misalnya digital camcoder berformat DV) ke komputer.
The Top 10 Casinos in New Jersey - Mapyro
BalasHapusList of Casinos Near 경상북도 출장안마 Me. 포항 출장샵 One of the first things I noticed was they have a 익산 출장샵 lot of slots and a lot 충주 출장샵 of table 경기도 출장안마 games.
Where to Bet on Sports To Bet On Sports In Illinois
BalasHapusThe best sports febcasino bet types and bonuses poormansguidetocasinogambling available in https://octcasino.com/ Illinois. The most common sports betting options 토토 사이트 추천 available. Bet $20, gri-go.com Win $150, Win $100 or