Rabu, 29 Maret 2017

KOMPONEN UTAMA KOMPUTER ATAU SISTEM KOMPUTER

| Rabu, 29 Maret 2017


1.    CPU (Central Processing Unit) : merupakan sebuah mikroprosesor yang berfungsi sebagai “otak” dari sistem komputer. Semua kegiatan dan proses yang dilakukan komputer dikendalikan oleh CPU.
2.    Memori : merupakan media penyimpan data elektronik. Memori langsung berhubungan dengan mikroprosesor.
3.    Motherboard : merupakan circuit board utama di mana semua komponen internal saling terhubung. Komponen atau sistem yang lain seringkali juga langsung terintegrasi di dalamnya (onboard) atau terkoneksi melalui interfacenya.
4.   Power Supply : sumber daya untuk mencatu seluruh sub-sistem komputer.
5.    Hard Disk : media magnetik penyimpan data permanen berkapasitas besar, baik untuk program atau data yang lain.
6.    Sistem Operasi : software dasar yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna mustahil bisa “menggunakan” komputer.
7.    IDE (Integrated Device Electronics) Controller : merupakan interface untuk pengendalian hard drive, CD-ROM drive, dan floppy disk drive.
8.    Bus PCI (Peripheral Component Interconnect) : slot di motherboard yang digunakan untuk menghubungkan komponen tambahan ke komputer. Bus adalah jalur data yang ada di dalam motherboard.
9.    SCSI (Small/Simple Computer System Interface) : interface untuk menambahkan peranti dari luar, seperti scanner, harddisk drive, CDROM drive, dlsb. ke dalam komputer. Tidak semua peranti luar memiliki fasilitas SCSI.
10. Kartu Grafik (Graphics Card) : kartu yang bekerja menerjemahkan data citra dari komputer ke sebuah format tertentu sehingga bisa di tayangkan di layar monitor.
11. AGP (Accelerated Graphics Port) : interface berkecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk menghubungkan kartu grafik dengan komputer. Berfungsi untuk meningkatkan kualitas tayangan grafis, misalnya untuk tayangan 3D.
12. Kartu Suara (Sound Card) :  kartu yang berfungsi untuk merekam atau memainkan rekaman audio, dan membunyikan informasi audio. Kartu ini bekerja atas dasar pengubahan data digital ke analog atau sebaliknya (D/A atau A/D Converter).

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar